Aplikasi PRIMAKU, Membantu Ibu Memantau Tumbuh Kembang Anak

Friday, July 13, 2018

Bismillah..

Membuat tulisan ini sebenarnya karena tugas dari  Ibu Profesionl untuk materi Keluarga Multimedia, tetapi siapa tau bermanfaat juga untuk yang membacanya. Jadi tantangan kali ini adalah kita diminta untuk melek teknologi dan mereview aplikasi apa saja yang bermanfaat untuk kita dalam mendidik anak atau dalam keseharian kita agar kita mendapat inspirasi dan selalu produktif.

Aplikasi pertama yang saya akan review adalah PRIMAKU. Aplikasi ini dibuat oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), jadi insyaAllah dapat dipertanggung jawabkan isinya. Aplikasi ini menurut saya wajib banget buat Ibu-Ibu yang ingin memantau tumbuh kembang anaknya. Saya akan bahas apa saja yang ada di applikasi ini.

Gambar diatas adalah tampilan home. Disana menampilkan bb, tb dan lingkar kepala anak kita serta ada pengingat jadwal imunisasi. Di ujung sebelah kanan yang sejajar dengan tulisah nama anak, kita bisa menambah data anak lainnya (jika mempunyai lebih dari 1 anak).

Menu selanjutnya adalah Imunisasi. Disini terbagi menjadi 2 jadwal imunisasi, yang pertama berdasarkan PPI (aturan yang dulu),dan yang sekarang berdasarkan IDAI 2017. Kita juga bisa pasang alarm khawatir jadwal imunisasinya terlewat. Setelah anak diimunisasi, isi tanggal sesuai jenis imunisasi yang dilakukan untuk disimpan.

Selanjutnya adalah menu chart pertumbuhan anak yang terdiri atas BB menurut umur, Panjang badan menurut umur, lingkar kepala, berat badan menurut panjang badan dan Indeks Masa Tubuh (IMT). Kalau kita mau menambahkan data tinggal klik aja tambah data nanti akan langsung terinput di chartnya.

Selanjutnya adalah menu tumbuh kembang anak berdasaarkan KPSP. Disini kita tinggal pilih anak kita termasuk kategori usianya berapa setelah itu ada beberapa indikator tumbuh kembang berdasarkan usianya dan cara menstimulasinya.

Secara keseluruhan aplikasi ini sangat membantu saya untuk memantau tumbuh kembang anak saya. Apalagi aplikasi ini dibuat oleh IDAI yang bisa kita pertanggung jawabkan lah ya isinya. Toh mereka memang ahlinya. Salah satu aplikasi wajib nih bagi ibu-ibu yang punya anak kecil, ini dia linknya https://play.google.com/store/apps/details?id=com.primaku.app . Terima kasih IDAI.

#Tatangan10hari
#level12
#KuliahBunsayIIP
#KeluargaMultimedia

You Might Also Like

0 komentar