List Perlengkapan Bayi Baru Lahir

Thursday, June 28, 2018


Bismillah..
Alhamdulillah Akira udah 1 tahun, mau posting tentang list perlengapan bayi baru lahir ko kayanya telat banget ya..hahaha..Tapi berhubung banyak sahabat saya yang sedang hamil dan nanya perlengkapan bayi apa yang harus punya, sekarang saya tulis di blog aja yaa.. Biar bisa dibaca sama yang lain juga. List perlengkapan bayi yang saya posting kali ini berdasarkan apa yang saya beli beserta harganya dan apa yang benar-benar terpakai. Ternyata ada banyak juga yang saya beli dan ga lama terpakainya oleh Akira, jadi bisa buat bahan pertimbangan juga buat temen-temen untuk membeli perlengkapan bayi nantinya...Apa aja tuuh???Cekidooot...

Jadi sewaktu saya hamil 5 bulan, saya udah mulai baca-baca blog emak emak keren tentang list perlengkapan bayi. Setelah itu saya juga cari perkiraan harganya biar tau berapa uang yang harus dikeluarkan. Untuk perkiraan harganya saya cari lewat online shop. Niat banget ya, tapi menurut saya ini penting banget karena berhubungan dengan perencanaa keuangan keluarga juga..hehe
Berhubung list yang saya kasih sangat detail, lebih enak kalau temen-temen download aja filenya disini .. Sekarang saya kasih screenshot file yang bakal di download ya,,taraa
Di dalam file itu ada 3 sheet, ALL (Semua perlengkapan yang mau dibeli), Beli di offline store, Beli di online shop, Beli di Pasar Baru Bandung, dan Harga yang sebenarnya dari semua barang yang saya beli. Kompliiit beserta nama toko untuk online shopnya hhehe...

Naaah selanjutnya saya mau sharing mengenai perlengkapan bayi apa aja yang bener-bener kepake dan ga kepake lama atau cuma beberapa kali dipake...

PERLENGKAPAN YANG KEPAKE BANGEET

1. Popok Kain
Saya beli merk Libby karena udah ada SNI nya dan aman banget buat kulit bayi yang teramat sensitif. Waktu itu saya beli 18 dan ternyata kurang pemirsaaa..hahaha...Sebisa mungkin anak saya ga menggunakan diaper sekali pakai, minimal sampai 6 bulan kecuali kepepet hehehe...Akhirnya ketika Akira sudah lahir, saya beli lagi 6 buah lagi. Ko bisa kurang??? Dalam sehari minimal Akira pipis 6 kali belum termasuk pup daan pada saat itu memang cuaca sedang mendung dan sering hujan jadi cucian lama keringnya Buu. Padalah Pake clodi juga, tapi tetep kurang hehe..

2. Bedong kain dan Selimut
Sebenarnya bedong kain ini saya fungsikan untuk alas tidur Akira hehehe.. Jadi kalau pipis sekalian ganti alas tidur aja ga sampai ke seprainya kita ganti juga. hehehe. Awalnya saya beli 7, ternyata kurang (ya iyaalah setiap kena pipis ganti hehe). Akhirnya beli lagi 6. Saya beli merk libby. Untuk selimut saya beli dari online shop juga merk laluna sama selimutku. Bahannya adem banget tapi kalau dipake jadi anget. Halus dan lembut untuk bayi. Kebetulan waktu Akira lahir lagi sering hujan juga, cuaca dingin jadi butuh banget selimut. Terus kalau dibawa ke dokter untuk vaksin pun saya pakein selimut didalam mobil.

3. Cloth Diaper (Clodi)
Saya memang merencanakan Akira pake clodi aja. Meminimalisir penggunaan diaper sekali pakai. Alasan lainnya nanti saya bikin postingan tersendri tentang clodi ini. Saya beli 6 merk lokal, Ecobum. Ini ngebantu banget karena kan dia bisa menyerap beberapa kali pipis yaa. Jadi ga sering-sering ganti popok kain. Biasanya saya ganti clodi Akira setiap 4 jam.

4. Baju dan Celana
Baju dan celana yang saya beli merk libby masing-masing 6 buah aja untuk baju lengan panjang, pendek dan kutung lalu celana panjang dan pendek juga. Ko sedikit??karena katanya Bayi tuh cepet gedenya, jadi ga perlu banyak banget untuk awal-awal. Dan ternyata beneeer permisaaa...Akira boros baju...setiap bulan beli baju karena udah ga muat bajunya..hehe

5. Perlak
Naah ini fungsinya untuk alas tidur juga. Jadi alas tidur Akira itu perlak yang waterproof terus diatasnya kasih kain bedong, baru deh Akira bobo. Saya beli merk cuddle dan carter.

6. Jolang
Tentunya ini buat mandi ya...saya beli di toko barang-barang rumah tangga, di pasar banyak ko. 

7. Kapas bulet
Ini butuh banget buat bersihin setelah pup dan pipis. 

9. Kassa sterile
Kassa sterile ini berfungsi untuk bersihin lidahnya Akira kalau sekiranya lidahnya udah putih banget.

10. Perlengkapan mandi
Untuk perlengkapan mandi saya beli sabun, shampo, baby oil, minyak wangi dan minyak telon merk zwitsal, handuk microfiber 2 buah,. Minyak telon pun cuma kepake sampai Akira 3 bulan aja, minyak wangi apa lagi hahaha. Cotton bud untuk membersihkan bagian luar telinga bayi. Saya juga beli alat untuk mengambil kotoran hidung bayi merk oogie bear.


Naah kalau alat ini berfungsi banget buat ngambil kotoran hidung yang sudah kering atau kental. Saya pernah baca kalau penggunaan cotton bud justru tidak disarankan karena akan membuat kotoran semakin masuk kedalam. Alat ini bahannya aman ko buat bayi. Bahannya ga keras banget jadi tetep lembut buat kulit bayi.

12. Gunting kuku, kikir, sisir, thermometer bayi
Saya beli merk tommee tippee, jadi ini itu udah sepaket. Didalamnya ada gunting kuku yang bentuknya guting sama gunting kuku kaya biasa, ada buat kikir kuku, sisir halus, sisir biasa, penyedot ingus, thermometer, dan sikat gigi. Ada wadahnya juga, jadi ga ribet.

13. Foam Bath
Ini juga termasuk perlengkapan mandi tapi saya bahas terpisah. Saya lebih milih pake foam bath mothercare dibandingkan pake baby bather. Pertama kali liat langsung ngerasa aman dan nyaman aja hehehe. Jadi nanti foam ini ditaruh diatas jolang, jadi ga akan licin waktu kita mandiin bayinya. Dan ternyata memang enak banget waktu saya pake.




14. Peralatan Laundry
Saya beli jemuran bulat 1 buah karena sebelumnya udah punya 1 buah dan memang kepake  dua-duanya hehe. Maklum popok kainnya kan banyak yaa..selain itu saya beli penjepit jemuran, jerigen, ember dan sabun laundry pakaian bayi. Awalnya saya pake merk sleek, karena gampang dicari dan murah. hehe. Setelah itu saya coba merk cloud dari velvet dan sekarang saya pake merk cycles karena bisa buat nyuci clodi juga hehehe. So far, lebih bagus pake cycles sih. Cycle itu bebas dari bahan kimia seperti pemutih, pelembut, pencerah pakaian dan yang terpenting tidak meninggalkan resudi pada pakaian, bahkan kemurniannya setara dengan air. Makanya saya pakai buat nyuci clodi juga hehehe. Dari segi harga pun terjangkau,  Rp. 90.000 untuk 1500ml, beda sedikit sama sleek.

15. Peralatan tidur
Dari awal saya dan suami sepakat ga akan beli box bayi selain karena bakal dapet turunan dari kakak saya ingin Akira tidur bareng di kasur. Jadi kan ga susah kalau mau menyusui. Naah untuk menghindari kemotahan Ayahnya saat tidur, posisi tidur Akira ada di paling ujung sebelah divan, lalu saya dan suami. Ukuran kasur yang kami pakai ukuran King. Selain itu saya juga membeli kelambu agar Akira terhindar dari gigitan nyamuk yang kebetulan toko yang saya dapat menjualnya sepaket dengan kasur kecil, bantal peyang dan guling. 

16. Gendongan
Ini kudu punya pisan...Harus banget. Biasanya ibu-ibu kita pasti punya jarik kan. Naah kalau punya, g usah beli. Pake yang ada aja, tapi perlu diperhatikan cara menggendongnya. Kebetulan jarik punya ibu saya udah ilang jadi saya beli aja. Saya waktu itu beli gendongan ring sling merk lokal nana babycarrier. Saya tertarik banget sama baby wearing dan ternyata lebih banyak manfaatnya dibandingkan kita pake stroller. Alhasil saya membeli beberapa tipe gendongan lainnya, stretchy wrap merk bobita dan SSC (Soft Structure Carrier) merk cuddle me. Lebih dalam tentang gendongan akan saya bahas di postingan selanjutnya ya InsyaAllah.

17. Perlengkapan menyusui
Waktu itu saya dan suami sepakat ga akan menggunakan dot untuk Akira. Selain khawatir bingung puting, tooh saya kerjanya diranah domestik(alias dirumah aja hehe). InsyaAllah saya menyusui kapanpun dimana pun. Jadi Akira selalu direct breastfeeding sampai saat ini. Perlengkapan menyusui yang saya beli yaitu, breast pad disposable dan washable karena Alhamdulillah qadarullah ASI banyak dan tergolong oversupply jadi selalu banjir. Kalau ga pake breast pad kayanya ganti baju terus, cucian tambah banyak haha...Pompa ASI. Sebenarnya ini ga beli sih , dikasih sama kakak. Tapi ini kudu banget punyaharuusKalau ga beli, temen-temen bisa nyewa. Saya pake yang manual ko merk pigeon, mau manual atau elektrik asalkan kita rajin pumping dan tau rumusnya, InsyaAllah ASI keluar ko. Prinsip produksi ASI itu supply dan demand. Plastik ASI dan botol kaca untuk menyimpan ASI. Alhamdulillah botol kaca ga beli, dapet dari kelas gentle birth dan cukup banyak. Paling plastik ASI saya beli lagi merk gabag. Sikat cuci botol, untuk nyuci botol kaca dan botol pompa asi. Sabun yang saya pakai untuk mencuci merk pigeon.

18. Diaper Bag
Kalau pergi keluar saya pasti bawa diaper bag. Tapi saya ga beli diaper bag karena pasti ada yang ngasih kado. hahaha...Udah PD aja dan ternyata beneer..Alhamdulillah banyak yang ngasih diaper bag. hehehe

PERLENGKAPAN YANG JARANG DIPAKE.

1. Stroller
Sebenarnya setiap orang beda-beda sih kebutuhannya. Tapi bagi saya dan suami yang ternyata lebih menyukai babywearing, stroller ini ga terlalu kepake. Dulu saya mikirnya, "Waah butuh banget nih, nanti di Jakarta kita jalan-jalan keliling komplek tiap pagi." Realitanya, boro-boro jalan-jalan wkwkwkwk...Pagi-pagi nyiapin sarapan buat saya dan suami, siapin perlengkapan suami buat kerja, mandi, beberes dll..Mau jalan-jalan pagi udah keburu siang dan saya sudah lelah ingin dirumah aja..hahaha..Jalan-jalan ke mall??Ribet bawanya wkwkwk..Lebih simple pake gendongan. Toh pake gendongan lebih banyak manfaatnya dibandingkan pake stroller. Jadi stroller ini dipakenya kapan???Waktu Akira berjemur aja sampe usia 2 bulan. Saya beli stroller Baby Elle karena banyak yang review bagus dan harganya terjangkau. Pengamannya juga oke. Pegangannya bisa ditarik 2 sisi (depan dan belakang). Tapi sayangnya ini kalaau dilipet masih gede juga, berhubung kami belum punya mobil sendiri kan ribet kalau ke mall bawa stroller. hehehe...

Saya tekankan lagi ya, setiap Ibu itu berbeda. Bagi saya ya seperti ini, tapi bagi Ibu lain belum tentu. Kembali ke kebutuhan masing-masing. Pengalaman saya ini bisa menjadi pertimbangan aja kalau mau beli perlengkapan bayi, tidak harus diikuti.

2.Sarung kaki dan sarung tangan
Saya cuma beli 3 pasang merk libby karena memang saya ga ingin Akira selalu pake sarung tangan dan kaki. Dari yang saya baca, penggunaan sarung tangan dan kaki terlalu lama dan sering bisa menghambat  indera peraba bayi. Saya pakein sarung ke Akira kalau cuaca lagi dingin banget aja. Naah, yang perlu diperhatikan adalah kuku tangan dan kaki bayi. Kuku pada bayi itu cepeeeet banget tumbuhnya looh dan tajem. Kalau ga pake sarung tapi kita ga care sama kukunya, bisa jadi bayi kita melukai tubuhnya atau mukanya dengan kukunya. Jadi kalau kamu juga ga ingin pakaikan sarung tangan dan kaki pada bayi, pastikan kukunya selalu pendek dan ga tajem yaa..

3. Sleepsuit, Jumper, Romper, Playsuit
Naah untuk yang satu ini juga kembali kepada kebutuhan kita masing-masing. Saya akui saya kalap liat motifnya yang lucu makanya saya beli. Ternyata jarang dipake bangeet wkwkwk..Ko bisa???Karena Akira pake popok kain, tiap pipis harus ganti semunya, bisa basah sampai punggung wkwkwk. Kalau pake clodi, sleepsuit, jumper, rompernya ga muat hahaha..Karena bahan clodi kan tebel banget jadi ga bisa dikancinggin bawahnya..Baju model kaya gini tuh cocoknya kalau bayi kita pake diaper sekali pakai. 

Alhamdulillah selesaii...heheh..Kalau ada yang mau ditanyakan, bisa komen di kolom komentar ya. InsyaAllah saya jawab. Semoga postingan ini bermanfaat dan membantu temen-temen untuk membeli perlengkapan bayi...


You Might Also Like

0 komentar