Resep Nugget

Thursday, June 07, 2018

Bismillah..

Sekarang saya mau share resep membuat Nugget Ayam Wortel dan Nugget Ayam Brokoli. Soalnya saya juga punya hutang ke beberapa teman saya untuk share resep ini..hehe..Nugget ini udah saya coba buat sendiri dirumah dan resep ini saya dapat dari Ibu saya...

Cekidot!


Bahan dan Bumbu:
Ayam Fillet 250gr (dicincang kasar)
Wortel/brokoli 200gr (untuk wortel saya memarutnya, dan untuk brokoli saya cincang halus)
Tepung panir halus 150gr
Telur ayam 4 butir
Bawang putih 2siung
Bawang  bombay 1 buah (sekitar 80gr)
Garam 1sdt
Merica 1/4sdt
Gula pasir 1sdt
kaldu ayam bubuk no msg (saya pake merk maseko dari lingkar organik)
(untuk bumbu seperti garam,gula,merica,bumbu penyedap,bisa sesuai selera)

Bahan Pencelup:
Tepung terigu 100gr
Air 100mL
garam dan merica secukupnya.
Tepung panir kasar 200gr

Cara Membuat:

  1. Blender ayam fiillet, bawang putih,telur dan merica 1/4sdt.
  2. Tuangkan kedalam wadah, masukan wortel yang telah diparut atau brokoli yang telah dicincang kasar, lalu bawang putih, tepung panir dan bumbu-bumbu. Aduk hingga rata.
  3. Siapkan aluminium foil, tuangkan adonan pada aluminium foil, gulungkan. Untuk 1 resep ini bisa menjadi 4-5 gulungan. Tergantung banyaknya adonan pada aluminium foil tersebut.
  4. Kukus selama 30 menit, angkat dan tiriskan hingga tidak panas lagi. Potong tipis adonan sehingga membentuk lingkaran.
  5. Siapkan bahan pencul. Tepung terigu,air, garam, merica dicampur rata. Celupkan adonana yang telah dipotong-potong tadi pada adonan tepung ini.
  6. Setelah itu, angkat dan gulingkan pada tepung panir kasar hingga seluruh permukaan tertutupi tepung panir kasar.
  7. Simpan nugget dalam wadah tertutup, masukkan kedalam freezer agar tepung painr kasar menempel sempurna pada adonan nugget. 
  8. Setelah dingin, keluarkan dari freezer, dan goreng hingga warna coklat keemasan.
  9. Angkat dan sajikan selagi hangat.
Nugget ini bisa tahan hingga satu minggu dalam freezer. Biasanya saya suka menyimpan stok untuk 1 minggu. Jadi kalau bekel ke kantor, menunya itu selama seminggu..hehehe..Ga variatif bgt ya...haha..Tapi kan ada teman temannya nugget. Itu yang harus dibuat lebih bervariasi :)

Sebentar lagi kita akan memasuki bulan Ramadhan dan tentunya nugget ini bisa menjadi pilihan ibu dalam membuat makanan sahur ataupun berbuka yang mudah, praktis, bergizi dan lezat :) Kita juga bisa menyimpannya dalam freezer, sehingga ketika ingin makan nugget, tinggal keluarkan dari freezer dan goreng deh ^o^..praktis kaan, tidak butuh waktu yang lama...hehe


Ini nugget ayam dengan brokoli sebelum diberi tepung panir kasar.
Ini nugget ayam dengan wortel sebelum diberi tepung panir kasar.


Ini setelah diberi tepung panir kasar dan siap dimasukkan kedalam freezer.







Kalau kamu mau ga pake sayurannya juga boleh banget...Sesuai selera aja..
Selamat mencoba ^o^

You Might Also Like

0 komentar