Tahap Kepompong, Melatih Wilayah Sensorial Anak

Tuesday, March 24, 2020

Bismillah

Alhamdulillah sampai pada tahap kepompong. Pada tahap ini kami diberikan 2 tugas, salah satunya adalah membuat jurnal setiap hari mengenai fokus dari mind map yang telah kita buat. Saya memutuskan untuk fokus dalam 2 hal selama 30 hari ini. Ilmu Managment  Waktu dan Ilmu Montessori dalam hal ini menemani anak bermain dan belajar.

Qadarullah saat ini saya, suami dan anak-anak sedang ada di Bandung karena memang jadwal kami pulang ke Bandung 2 bulan sekali. Tetapi ketika mau pulang ke Jakarta mendapat berita Jakarta yang terus meningkat jumlah kasus Covid-19, dan melihat situasi kota Jakarta yang belum kondusif, kami memutuskan untuk tinggal di Bandung. Karena memang tidak ada niatan untuk tinggal lama  di Bandung kami hanya membawa baju dan buku serta permainan anak kami seadanya. Hal ini menjadi tantangan tersendiri buat saya bertepatan dengan tugas di tahap kepompong ini. Maka saya putuskan untuk fokus pada 2 hal di mind map saya.

Hari pertama, saya masih bingung sebenarnya harus bermain apa dengan anak kami. Alhasil saya memutuskan untuk melatih area/ wilayah sensorial anak dalam hal ini bermain dengan warna. Di pagi hari alhamdulillah sinar matahari sangat bagus. Saya memutuskan untuk berjemur sambil bermain.


Permainan di pagi hari saat berjemur adalah bermain dengan tepung, air dan pewarna makanan. Setelah itu menyiram tanaman. Selain itu, hari ini Akira (33 bulan) bermain warna melalui media printable yang sudah saya sediakan.
Akira diminta untuk meletakkan pompom sesuai dengan warna tubuh ulat yang terletak pada printable dengan menggunakan capitan. Disini Akira melatih koordinasi mata dan tangan.


Setelah sukses dengan mengidentifikasikan 1 macam warna, naik tingkat untuk mencocokan badan kumbang yang terdiri dari 2 jenis warna dan Alhamdulillah Akira berhasil menyelesaikannya. Melatih sensorial anak ini manfaatnya adalah 
  • Membantu membangun perkembangan koneksi saraf pada otak
  • Mendorong kemampuan motorik pada anak
  • Mendorong pemikiran ilmiah dan pemecahan masalah
  • Meningkatkan bonding antara orangtua dan anak

Melihat hari ini yang kurang persiapan, saya menilai hari dengan badge
#tantangan30hari
#kelaskepompong
#bundacekatan
#ibuprofesional

You Might Also Like

0 komentar