Menggambar, Minat dan Bakat Anak

Monday, March 30, 2020

Bismillah

Kali ini saya akan share mengenai salah satu aktivitas Akira yang paling dia sukai dan menurut saya ini adalah minat dan bakatnya. Di usianya yang belum genap 3 tahu, Akira terbilang sudah pandai menggambar dan kemampuan prewriting  skill nya pun sangat baik. Sebenarnya saya tidka pernah memaksa dia untuk belajar menulis atau menggambar. Saya hanya menyediakan media crayon, pensil warna, spidol yang washable dan aman untuk anak lalu saya biarkan dia mengeksplorasi media tersebut sejak usia 1 tahun. Saya tidak pernah membatasi dia harus menggambar di kertas. Saya membebaskan dia untuk menggambar dimana saja karena media yang saya berikan bisa dihapus atau di lap. Tapi sambil tetap saya jelaskan baiknya menggambar itu tidak di tembok karena kalau ditembok sedikit susah untuk menghapusnya terlebih lagi kami hanya menyewa tempat tinggal alias bukan rumah milik kami. Alhamdulillah Akira mengerti.

Ternyata menggambar mempunyai banyak sekali manfaat untuk anak kita, diantaranya;
1. Melatih kecerdasan motorik anak
2. Melatih emosi anak
3. Meningkatkan memori
4. Mengembangkan kemampuan dalam berkomunikasi
5. Melatih imajinasi anak
6. Melatih kesabaran
7. Meningkatkan Kreativitas
8. Meningkatkan fokus
9. Bonding antara anak dan orang tua
dan masih banyak lagi.

Kenapa saya menilai bahwa ini adalah minat dan bakatnya Akira?? Setiap Akira menggambar dia selalu senang, memancarkan aura positif, memancarkan ketertarikan, dan betah untuk berlama lama.
Hari ini saya dikejutkan dengan gambaran Akira yang semakin hari semakin jelas dan semakin bagus. Saya sama sekali tidak pandai menggambar, bahkan Akira sering sekali protes dengan gambaran saya. hahaha. Tapi memang suami saya, ayahnya Akira sangat pandai menggambar. Apakah ini bakat turunan?saya juga belum membaca artikel bahwa bakat itu bisa diturunkan pada anak. Tapi yang jelas Akira sangat pandai dan suka sekali menggambar.

Hari ini disaat pagi hari, Akira menggambarkan bunga untuk saya. "Ini bunga untuk ibu katanya". Bunganya cantik sekali, membuat mood saya meningkat dan bahagia.



Setelah itu dia menggambarkan rutinas pagi harinya, yaitu mandi dibantuin sama ayah. "Ayah ceritanya lagi memegang gayung buat mandiin Akira" itulah kata Akira.

Malam harinya Akira memberi hadiah gambar mobil untuk Ayah berangkat kerja.

MasyaAllahTabarakallah..

Tetapi untuk penilaian badges hari ini saya menilainya need improvement. Kenapa??
Karena hari ini jadwal saya berantakan dan pesanan masker datang, kami pun sibuk packing sehingga beberapa rutinitas yang sudah dijadwalkan tidak terlaksana.


#tantangan30hari
#kelaskempompong
#bundacekatan
#ibuprofesional
#harike5

You Might Also Like

0 komentar