Ini makananku, kelas ulat minggu 1

Tuesday, January 21, 2020

Bismillah...

Dalam kelas telur telur pekan kemarin, mind map yang saya buat mempunyai nama project jaya's happy family..Tujuan dari project ini adalah saya sebagau ibu, suami dan anak semuanya bahagia. Salah satu hal yang membuat saya bajagia adalah menemani anak bermain dan menyaksikan tumbuh kembangnya. Maka dari itu untuk pekan ini saya fokus untuk mengetahui lebih dalam tentang metode montessori.


Dalam  buku tersebut saya mengetahui lebih dalam bagaimana metode montesoori itu terbentuk. Saya sebagau orangtua yang setiap harinya selama 24 jam membersamai anak bermain banyak tertampar dengan penjelasan maria montessori ini.

Saya juga ada ingin lebih tau secara detail berbagai macam permaian yang menyenangkan dengan metode montessori ini.


Dalam metode montessori ini membagi aktivitas dalam 5 area, yaitu
1.  practical life ( kehidupan sehari hari) beberapa contoh kegiatannya adalah menuang, mengambil, meronce, memakai baju, memasak, dll

2. Sensorial(indera). Mencakup keseluruhan indera yang kita punya. Beberapa contoh permainannya adalah bermain dough, gel, slime, salju saljuan, panas dan dingin, merasakan berbagai macam rasa, melatih keseimbanagan dll

3. Bahasa. Dalam metode ini anak bisa mempelajari bahasa dengan cara yang menyenangkan tanpa paksaan. Menggunakam berbagai macam media yang disenangi oleh anak.

4. Matematika. Anak akan senang belajar berhitung dan memahami konsep matematika dengan cara bermain yang menyenangkan melalui berbagai media yang sesuai dengan metode ini.

5. Budaya. Di area ini anak akan mengetahui tentang, bumi, planet lain, daratan, lautan, udara secara detail dengan cara yang menyenangkan.

Anak akan suka dengan metode ini karena anak 'bebas' memilih permainannya dan tidak ada yang namanya batas antara pengajar dan yang diajar. Kita adalah teman bermainnya. Saya ingin menemani anak saya bermain dengan cara yang menyenangkan dan banyak manfaat juga dari permainan tersebut untuk tumbuh kembangnya. Semoga saya semakin bisa istiqomah menyiapkan segala kebutuhan permainan anak saya setiap harinya...aamiin

#janganlupabahagia
#jurnalminggu1
#materi1
#kelasulat
#bundacekatan
#buncekbatch1
#buncekIIP
#institutibuprofesional

You Might Also Like

0 komentar