DIY Laundry Detergent

Saturday, March 09, 2019

Bismillah...


Beberapa waktu yang lalu saya sudah menggunakan lerak sebagai pengganti sabun untuk cuci baju, naaah setelah baca sana sini akhirnya saya menemukan cara membuat laundry detergent sendiri yang membuat saya sangat tertarik untuk mencobanya. Hal ini juga tentunya merupakan bagian dari ikhtiar minim sampah dan mengurangi penggunaan bahan kimia dalam rumah tangga yang bahayanya sudah pernah saya posting sebelumnya.

Langsung saja yaaa ke bahan dan cara pembuatannya,
Bahan:
2 cup baking soda (beli di shopee merk arm and hammer)
2 cup washing soda (beli di shopee, tadinya mau cari yang arm and hammer juga tapi  nemu, jadi cari aja yang grade nya bagus)
1 bar castile soap, (ini saya beli di cleanomic)
15 tetes Essensial oil lemon (ga harus)
15 tetes essensial oil tea tree (ga harus)

Cara membuatnya:

  1. Castile soap bar di parut atau kalau punya food processor bisa dipake untuk membuat sabun menjadi serbuk. Berhubung saya ga punya food processor, saya parut aja sabunnya setelah itu taruh di mangkuk besar.
  2. Masukkan baking soda dan washing soda.
  3. Tambahkan 15 tetes Lemon Essential oil & Tea tree Essential oil. Alasan kenapa menggunakan EO tersebut karena EO tersebut mempunyai sifat anti bakteri, antiseptik yang memang banyak digunakan di berbagai produk pembersih. Tapi kalau ga ada EO bisa di skip ko,ga harus.
  4. Aduk bahan-bahan tersebut dengan sendok atau food processor sampai bahan terlihat seperti detergent dan tercampur rata.
Cara menggunakan detergent ini, ambil 1 1/2 - 3 sendok detergent kedalam wadah lalu cairkan dengan 1 cup air hangat, setelah itu masukkan ke dalam mesin cuci. Hasil dari pencuciannya sama kaya detergent pada umumnya, tapi memang ga ada busa yang melimpah. Untuk noda bandel pun, baiknya kita kucek dulu pake tangan dan tambahkan cuka. Alhamdulillah sekarang kalau nyuci baju ada 2 pilihan sabun cuci, pertama cairan lerak, kedua detergent ini. Tinggal pilih aja sesuai yang tersedianya apa hehe.

Semoga bermanfaat ya postingan ini..Yuu kita belajar minim sampah dari sekarang. ^-^

You Might Also Like

0 komentar