DIY Cairan Pembersih Serbaguna dari Lerak

Thursday, March 07, 2019

Bismillah...

Sebenarnya ini masih lanjutan perjalanan saya dan keluarga untuk belajar minim sampah. Postingan sebelumnya bisa dibaca disini. Setelah melakukan beberapa hal untuk belajar minim sampah, saya tertarik dengan kebiasaan orang-orang penggiat zero waste yang semuanya menerapkan pola hidup sehat dan alami. Akhirnya saya dan suami mengikuti kelas semacam webinar tentang sehat alami. Salah satu hal yang membuat saya dan suami memutuskan untuk membuat produk rumah tangga sendiri seperti pembersih lantai, sabun mandi, sabun cuci tangan, dll adalah bahan kimia yang ada didalam produk-produk tersebut ternyata mempunyai efek samping yang cukup mengerikan jika tertimbun terlalu lama didalam tubuh daaan tentunya sangat mencemari lingungan. Bisa dibaca disini dan disini juga.

Lagi-lagi setelah mempunyai anak, saya banyak mendapat pengetahuan baru dan saya merasa harus berfikir kedepan, berfikir untuk masa depan anak-anak. Jangan sampai apa yang kita lakukan saat ini ternyata berdampak buruk untuk masa depan anak-anak. Okeee saat itu juga tanpa berfikir panjang, saya putuskan untuk membuat household products sendiri. Saya mulai mencari dan membaca postingan dari para penggiat zero waste dan alhamdulillah ketemuuuu..Horeee..

Saya coba praktekan dan membuatnya. Pertama saya coba membuat cairan serbaguna yang bahanya terbuat dari lerak dan jeruk nipis. Yaaa,,,cukup 2 bahan itu bisa untuk membersihkan lantai, kamar mandi, baju, cuci piring..woooww...MasyaAllah luar biasa yaa,,,semuanya adalah ciptaan Allah, produk Allah. Naah dibawah ini saya posting gambar leraknya...Lerak ini bisa dibeli di online market place atau dipasar tradisional. Kalau saya beli lerak ini di cleanomic, soalnya juga bisa beli keperluan minim sampah lainnya disana.

Bahan:
20 buah lerak
3 kulit jeruk lemon/jeruk nipis (saya pake air perasan lemon untuk membersihkan daging sapi, ayam dan ikan. Kulitnya saya potong kecil-kecil untuk membuat cairan ini)
Cara Pembuatan:
  1.  Rendam 20 buah lerak selama dua hari.
  2. Setelah 2 hari, lerak ini akan melunak lalu kita rebus lerak beserta air rendamannya dengan penambahan air secukupnya (sampai air dipanci terisi 3/4 nya, saya pakai panci ukuran sedang) dan kulit jeruk yang telah dipotong kecil-kecil.
  3. Rebus selama 1 jam dengan api sedang.
  4. Setelah direbus, sisihka dan biarkan dingin.
  5. Setelah dingin, kita pisahkan kulit lemon (bisa dijadikan kompos), kita juga pisahkan biji lerak dari kulitnya (saya pake bijinya buat mainan Akira hehe, emak-emak ga mau rugi). Didalam panci tersisa Kulit lerak dan air rebusan lerak.
  6. Kita remas-remas kulit lerak sampai keluar busanya, remas terus sampai busanya habis.
  7. Setelah itu masukkn airnya ke dalam botol, kulit lerak bisa kita jadikan kompos.
  8. Taruh di kulkas agar tahan laa dan kocok dahulu sebelum digunakan.

Saya sudah menggunakan cairan lerak ini untuk membersihkan lantai, hasilnya lantai jadi keset dan wangi lemon, segaaaar...Saya sudah menggunakan juga untuk membersihkan lantai kamar mandi yang sering licin kaan, biasanya saya pake w****, sekarang saya cukup pakai cairan lerak ini karena hasilnya samaaa....Lantai jadi kesaaaaat...MasyaAllah...Saya juga sudah gunakan untuk cuci baju hasilnya sama seperti pada detergent pada umumnya. Meski pun ini memang ga banyak busanya seperti detergent, tapi insyaAllah bersih ko. Untuk noda yang bandel bisa kita kucek dulu pakai cairan lerak ini lalu tambahkan baking soda plus cuka ke noda di baju. Saya sudah coba ke baju akira yang kena noda bekas es krim coklat.

Untuk pengganti sabun cuci piring, mungkin karena saya terbiasa dengan sun***** yang busanya banyak, jadi sewaktu pake cairan ini bingung juga, ini udah bersih belum yaa..haha, padahal hasilnya sama, keset juga. Tapi untuk piring atau alat masak yang lemak banyak saya belum pernah coba, karena jarang masak yang berlemak dirumah.

InsyaAllah kedepannya sayaa akan tetap gunakan lerak ini untuk pembersih lantai, kamar mandi dan baju. Ramah lingkungan dan free toxic...Bismillah, ini ikhtiar untuk tidak mendzalimi bumi tempat tinggal kita dan tidak mendzalimi diri sendiri dan keluarga dari bahan kimia yang berbahaya.
Yuuu kita belajar untuk minim sampah...

You Might Also Like

0 komentar