Tumbuh Kembang dan Hal yang Penting Dipelajari Anak Usia 0-3 Bulan

Monday, October 29, 2018

Bismillah...
Alhamdulillah setelah mengetahui saya hamil, saya semakin menyadari bahwa seorang Ibu dan Ayah itu sangat perlu memberdayakan diri, termasuk dalam hal tumbuh kembang anak. Maka dari itu, dulu saat saya dan suami menanti kelahiran anak kami, kami mulai membaca banyak buku mengenai tumbuh kembang anak. Diantaranya, "Yes, Your Baby is a Genius" karya Glenn Doman dan Janet Doman, "Rumah Main Anak" karya Julia Sarah Rangkuti, "Anti Panik Mengasuh Bayi 0-3 Tahun" karya Tiga Generasi, "KPSP (Kuisioner Pra Skrining Perkembangan)", "Panduan Tumbuh Kembang dan Stimulasi Anak Usia 0-5 Tahun" karya Rumah Dandelion dan "Kurikulum Sekolah Kehidupan di Setiap Tahapan Usia" karya Kiki Barkiah.

Selain dari buku tersebut, saya juga mendownload berbagai aplikasi di playstore mengenai tumbuh kembang anak, seperti PRIMAKU dari IDAI, ChaisPlay, Ovia Parenting, dan Kinedu. Akhirnya untuk lebih memudahkan, saya merangkum dan menulis kembali apa saja yang saya dapat dari sumber -sumber tersebut. Lalu saya ketik di Mc.Excel agar bisa dilihat juga di HP dan lebih mudah untuk melakukan kontrol dan evaluasi apa saja tumbuh kembang yang misalnya belum terpenuhi.

Satu hal yang perlu diingat, bahwa setiap anak mempunyai kemampuan berbeda-beda, kita sebagai orang tua tidak bisa memaksakan kehendak kita kepada anak kita. List atau indikator tumbuh kembang ini adalah sebagai acuan untuk kita agar kita tau stimulus apa yang baik dan tepat untuk anak kita. Jika ada anak yang lebih cepat tumbuh kembangnya dari anak kita ya ga apa-apa, asal masih sesuai batasnya insyaAllah ga apa-apa. Misal ada anak yang sudah bisa berjalan usia 12 bulan, tapi ada juga anak yang baru berjalan usia 14 bulan. InsyaAllah normal, karena batas untuk bisa berjalan sampai 15 bulan. Kita tidak perlu membanding-bandingkan anak kita dengan anak yang lainnya.

Kalau ada yang mau list tumbuh kembangnya bisa di download di sini . Semoga bermanfaat yaa ^-^

You Might Also Like

0 komentar