Jurnal 1 Bunda Cekatan, Jangan Lupa Bahagia

Monday, December 16, 2019

Bismillah...

Alhamdulillah penantian selama ini terjawab sudah,hehe... Alhamdulillah saya berhasil memasuki perkuliahan Bunda Cekatan dari Institut Ibu Profesional. Perjalanan panjang selama perkulilahan sebelumnya masih terbayang, semangat yang membuncah untuk mendapatkan ilmu baru. Semoga bisa istiqomah mengerjakan setiap tugas perkuliahan dan lulus tepat waktu..Aamiin ^-^

Kelas pertama di bunda cekatan ini diberi nama kelas telur telur. Berharap kelak telur telur ini akan menetas lalu menjadi ulat dan berlanjut menjadi kupu-kupu yang indah. Pada materi pertama di kelas ini, Bu Septi mengingatkan kembali pada kami para mahasiswa untuk BAHAGIA. Terkadang tanpa kita sadari, saking sibuknya kita dengan rutinitas sehari-hari, kita sampai lupa untuk bahagia. Sebagai seorang ibu yang bekerja di ranah domestik, pekerjaan rumah yang tidak kunjung selesai dan kesibukan menemani tumbuh kembang anak juga merawat hubungan harmonis dengan suami membuat kita lupa pada diri kita sendiri. Lupa membuat diri sendiri bahagia, padahal jika seorang ibu bahagia, insyaAllah ia akan bahagia dan maksimal juga melaksanakan perannya sebagai seorang ibu dan istri sehingga membuat ayah dan anak pun turut bahagia.

Agar bisa menjaga keberlangsungan kebahagiaan seorang ibu, Bu Septi menyarankan untuk membuat list semua kegiatan yang biasa ibu lakukan dan pilih kegiatan mana saja apa yang membuat ibu bahagia. Setelah itu, perpanjanglah waktu kegiatan yang membuat  diri kita bahagia, dan perpendeklah waktu kegiatan yang membuat kita tidak bahagia. Tugas dari materi ini pun sama seperti yang disarankan Bu Septi. Kami diminta untuk membuat kuadran aktivitas.


Gambar diatas adalah kuadran aktivitas saya sebagai seorang ibu yang bekerja di ranah domestik. Setelah membuat list tersebut, kami diminta untuk memilih 5 kegiatan yang suka dan bisa untuk fokus ditekuni dan di istiqomahkan. Setelah proses berfikir yang cukup panjang, saya akhirnya memilih 5 kegiatan yang insyaAllah akan menjadi fokus saya untuk menjadi seorang bunda cekatan.

1, Membaca

Biasanya kalau saya sudah membaca buku ang benar-benar saya minati, saya bisa sampai lupa waktu saking senangnya. InsyaAllah dengan membaca saya akan mendapatkan ilmu yang bermanfaat dan dengan membaca bisa membuka mata saya dalam melihat dunia. Dimana mejadi seorang bunda cekatan pun pastiya membutuhkan ilmu yang salah satunya bisa didapatkan dari membaca.

2. Fokus Memperdalam Ilmu Keuangan Keluarga
Tidak bisa kita hindari bahwa salah satu faktor yang terpenting dan sebuah keluarga ialah perputaran perekonomian. Agar kelak anak saya insyaAllah bisa terjamin pendidikanny dari segi dana dan demi tercapainya cita cita kami untuk menunaikan ibadah haji sekeluarga, saya harus menjadi seorang bunda cekatan yang mampu menguasai ilmu keuangan ini karena saya adalah manager keuangan dalam keluarga. InsyaAllah caranya dengan mengikuti seminar atau kelas kuliah di whatsapp mengenai hal keuangan keluarga.

3. Ikut Seminar dan kelas Pareting
Salah satu hal yang mebuat mata saya berbinar dan semangat membuncah ialah ketika mengikuti seminar parenting. Tubuh ini seakan diberi asupan baterai hingga penuh ketika mengikutinya. Bertemu dengan orang - orang yang satu frekuensi dan memiliki aura postif sangatlah menyenangkan. Untuk itu tiap bulannya saya merencanakan anggaran untuk mengikuti seminar parenting dalam rangka untuk membahagiakan diri dan upgrade ilmu saya. Semoga di ACC suami..hehehe aamiin

4. Sharing Ilmu dengan menulis
Apalah artinya ilmu tanpa diaplikasikan dan dibagikan. Setiap selesai sharing ilmu di media sosial yang sebelumnya telah saya dapatkan entah dari seminar atau membaca buku, saya selalu merasa senang da bahagia. Rasanya ingin orang lain ikut bahagia dan senang mendapatkan ilmu yang sama seperti yang saya dapatkan. 

5. Menemani anak bermain.
Menemani anak yang sedang diliputi rasa ingin tahu yang tinggi sangatlah menyenangkan. Membersamai mereka tumbuh dan berkembang mengetahui keindahan dan keagungan ciptaan-Nya. Saya selalu dibuat terkagum-kagum dengan tumbuh kembang anak yang Allah amanahkan ini. Rasanya saya ingin selalu menjawab segala rasa ingin tahunya, segala rasa penasarannya sehingga ia tumbuh menjadi muslim yang cerdas dan berakhlak mulia. Untuk itu saya harus menjadi bunda cekatan yang terus mencari cara permainan apa yang bisa membuat rasa penasarannya terjawab, permainan apa yang membuat dia menjadi sosok muslim yang berakhlak baik. InsyaAllah saya bisa menjadi seorang bunda cekatan..bismillah..


#janganlupabahagia
#jurnalminggu1
#materi1
#kelastelurtelur
#bundacekatan1
#institutibuprofesional

You Might Also Like

1 komentar