Hujan Membawa Berkah

Minggu, Oktober 23, 2016



Bismillah..
Saat ini kita sudah memasuki musim penghujan. Sebagai umat muslim kita harus bergembira karena pada dasarnya hujan itu membawa keberkahan untuk kita semua. 

“Dan Kami turunkan dari langit air yang penuh keberkahan lalu Kami tumbuhkan dengan air itu pohon-pohon dan biji-biji tanaman yang diketam” (QS Qaaf 9). 

Dan apa yang Allah turunkan dari langit berupa air, lalu dengan air itu Dia hidupkan bumi sesudah mati (kering)-nya dan Dia sebarkan di bumi itu segala jenis hewan.” (QS. Al-Baqarah: 164)

dan Dia menurunkan air (hujan) dari langit, lalu Dia menghasilkan dengan hujan itu segala buah-buahan sebagai rezki untukmu.” (QS. Al-Baqarah: 22)


Ketika hujan juga merupakan salah satu waktu mustajab untuk berdoa. Maka dari itu, ketika hujan turun, kita dianjurkan untuk banyak berdoa. 

Dua do’a yang tidak akan ditolak: [1] do’a ketika adzan dan [2] do’a ketika ketika turunnya hujan.” (HR. Al Hakim dan Al Baihaqi).

Dan sebaiknya saat hujan turun kita berdoa sebagaimana yang dicontohkan Rasulullah saw.
”Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam ketika melihat turunnya hujan, beliau mengucapkan,
Allahumma shoyyiban nafi’an 
[Ya Allah turunkanlah pada kami hujan yang bermanfaat]”(HR. Bukhari).

Maka dari itu, semoga postingan ini mengingatkan kita bahwa hujan itu membawa keberkahan dan sudah seharusnya kita bergembira menyambut hujan dengan memanjatkan doa pada-Nya. Semoga dengan turunnya hujan, membuat kita semakin bersyukur atas berkah yang Allah berikan, bukan mengeluh karena hujan turun.

You Might Also Like

0 komentar

Subscribe