Bersin..Hattchiii !!!

Monday, August 29, 2016

Bismillah..
Bersin adalah keluarnya udara semi otonom yang terjadi dengan keras lewat hidung dan mulut. Bersin merupakan reaksi penyesuaian dari gangguan asing dan membersihkan rongga hidung.

Dalam ajaran Islam ada adab yang sebaiknya kita laksanakan sebagai seorang Muslim. Sesuai dengan hadits riwayat Bukhari.

Apabila salah seorang dari kalian bersin, hendaknya dia mengucapkan, “alhamdulillah” sedangkan saudaranya atau temannya hendaklah mengucapkan, “yarhamukallah (Semoga Allah merahmatimu). Jika saudaranya berkata ‘yarhamukallah’ maka hendaknya dia berkata, “yahdikumullah wa yushlih baalakum (Semoga Allah memberimu petunjuk dan memperbaiki hatimu).” (HR. Bukhari no. 6224 dan Muslim no. 5033).

Jadi sebaiknya ketika ada seseorang yang bersin disekitar kita dan mengucapkan hamdalah, sebaiknya kita jawab dengan "Yarhamukallah" yang artinya semoga Allah merahmatimu. Dan orang tersebut seharusnya menjawab kembali dengan "Yahdikumullah wa yushlih baalakum" yang artinya Semoga Allah memberimu petunjuk dan memperbaiki hatimu.

Tentunya kita sering mengalami bersin, namun terkadang kita lupa ada adab yang harus kita lakukan.


Semoga postingan ini membantu mengingatkan kembali pada kita akan adab bersin yang harus kita lakukan. Semoga bermanfaat.

You Might Also Like

0 komentar