Nice Home Work #2 (Kelas Matrikulasi Batch#3 Kelas Remedial Institut Ibu Profesional)

Thursday, February 02, 2017

Bismillah...
Kali ini saya memposting Nice Home Work #2 yang menurut saya tugasnya benar-benar membuat kita berfikir dan merenung. Nice Home Work #2 ini, kita diminta untuk membuat checklist indikator profesionalisme perempuan sebagai individu, istri, dan sebagai ibu. Salah satu cara kita bisa mengetahui indikator ini adalah dengan menanyakan pada suami dan anak-anak kita, apa yang bisa kita lakukan agar merek bahagia.

Saya telah menanyakan hal ini pada suami saya, tapi berhubung saya InsyaAllah baru akan mempunyai anak (InsyaAllah sedang berjuang di dalam rahim, sudah 20 minggu. Mohon doanya ^-^) saya menulis rencana yang nantinya ingin saya praktekan dengan anak saya.

Saat saya bertanya kepada suami, apa yang harus saya lakukan agar bisa membuatnya bahagia, suami menjawab istri yang bertaqwa. Oke. Noted. Saya sudah ada bayangan rencana apa saja yang akan saya buat. Menjadi istri yang bertaqwa memang sangat berat dan itu memang saya inginkan. Tapi jika kita mau selalu berusaha untuk memperoleh ketaqwaan, InsyaAllah, Allah akan membukakan jalan untuk kita agar kita bisa menjadi insan yang bertaqwa.

Checklist Indikator Pefesionalisme Perempuan
Indikator ini akan saya lakukan uji coba dimulai pada tanggal 11 Februari 2017-11 Maret 2017. Diakhir bulan saya akan mengevaluasi apakah targetan ini tercapai atau tidak.
a.       Sebagai Individu
1.       Shalat Dhuha minimal 5x/minggu. Tiap shalat dhuha minimal 4 rakaat.
2.       Qiyyamulail minimal 2x/minggu
3.       Shalat sunnah rawatib minimal 4 rakaat/ hari
4.       Tilawah minimal 0,5 juz/hari
5.       Membaca buku minimal 1 buku/bulan
6.       Membaca artikel terkait kesehatan minimal 1x/ minggu
7.       Mengikuti Kajian Islam minimal 1x/bulan
8.       Menulis blog minimal 1x/minggu
9.       Membuka Socmed (IG, Path, Twitter, FB) maksimal 2jam/hari
b.      Sebagai Istri
1.       Konsisten memasak setiap hari
2.       Konsisten untuk input alur  keuangan keluarga setiap hari
3.       Memposting di blog atau sosial media lainnya mengenai hal yang bermanfaat 1x/minggu
4.       Sebelum tidur saling curhat dan mengevaluasi atas yang terjadi seharian, tiap malam hari.
5.       Mengevaluasi anggaran keuangan dan agenda yang dilakukan berdua, 1x/ bulan.
6.       Membuat menu makanan selama 7 hari. Dilakukan tiap akhir pekan.
c.       Sebagai Ibu
1.       Membiasakan berdongeng dengan anak sejak dalam kandungan.
2.       Mengajaka anak bermain setiap hari
3.       Menyusun dan menyiapkan permainan yang akan dilakukan bersama anak setiap hari.
4.       Menanamkan Fitrah keimanan sejak dini
5.       No  Gadget day 1x/minggu minimal selama 3 jam.
6.    Mempelajari dan memahami ilmu seputar pendidikan anak setiap hari minimal 1 jam.
       a. Bunda sayang
       b. Pendidikan Berbasis Fitrah anak
       c. Bunda Sayang
       d. Bunda Cekatan
       e. Bunda Sholeha

You Might Also Like

0 komentar