Nice Home Work #1 (Kelas Remedial Kelas Matrikulasi Batch #3 Institut Ibu Profesional)

Wednesday, January 25, 2017


Sebelum menjelaskan tentang Nice Home Work #1 ini, saya ingin bercerita bahwa sebenarnya saya sudah mengikuti Kelas Matrikulasi Institut Ibu Profesonal (IIP) Batch #2. Tetapi qadarullah, saat saya sedang mengikuti kelas matrikulasi materi kedua, saya positif hamil Alhamdulillah (Senangnyaaa >o<). Setelah itu saya mual dan muntah yang menyebabkan saya dan suami memutuskan untuk berhenti dulu mengikuti kelas matrikulasi batch 2. Karena dengan kondisi saat itu, saya tidak memungkinkan untuk selalu stand by di hp dan mengerjakan semua tugas-tugasnya. Kalaupun dipaksakan takutnya malah tidak maksimal. Alhamdulillah sekarang sudah masuk ke usia kehamilan 19 minggu. Mual muntah pun Alhamdulillah hilang dan Alhamdulillah lagi REMEDIAL Kelas Matrikulasi pun di buka. Tanpa berfikir panjang, saya langsung daftar kelas Remedial ini. Saya akan berusaha dengan sepenuh hati dan sekuat tenaga untuk menuntut ilmu Parenting ini, terlebih lagi sekarang ada janin yang Allah Swt titipkan pada rahim ini. Semoga saya bisa mengikuti kelas Remedial ini dengan baik dan berhasil LULUS dengan baik. Aaamiin.

Selanjutnya saya akan membahas mengenai Nice Home Work #1 yang diberikan kelas Remedial Kelas Matrikulasi Batch #3 ini. Sepeeti biasa, setiap selesai mendapat materi materi matrikulasi, kami (para peserta kelas matrikulasi) mendapatkan tugas yang diberi nama Nice Home Work. Menurut saya, pemberian tugas ini sangat baik, karena para tim matrikulasi jadi mengetahui sejauh mana para peserta memahami materi yang diberikan. Sedangkan dai segi peserta, kami pun menjadi harus lebih memahami kembali setiap materi yang diberikan dan memperdalam ilmu kami.

Nice home work pertama tentunya berhubungan dengan materi “Adab Menuntut llmu”. Jika dilihat dari pertanyaan yang diberikan, kami menjadi bisa mengetahui  fokus ilmu yang sebenarnya ingin kami dalami dan belajar untuk menyusun rencana dan target untuk mendapat Ilmu yang kami inginkan. Berikut Nice Home Work saya,

1.      Tentukan satu jurusan ilmu yang akan anda tekuni di universitas kehidupan ini!
Sebenarnya ada banyak yang ilmu yang ingin saya dalami di universitas kehidupan ini, mengingat diri ini yang masih fakir ilmu. Namun alangkah baiknya ketika ingin menekuni  suatu ilmu, pelajari lah suatu ilmu tersebut hingga kita benar-benar paham dan bisa mempraktekannya di kehidupan sehari-hari. Setelah  berfikir, saya memutuskan untuk menekuni dan mendalami ilmu Parenting, khususnya ilmu parenting yang juga mengedepankan nilai-nilai agama.

2.       Alasan terkuat apa yang anda miliki sehingga ingin menekuni ilmu tersebut?
Karena kelak InsyaAllah saya akan menjadi seorang ibu yang merupakan Madrasah pertama anak-anak saya dan orang tua merupakan orang terdekat bagi anak-anaknya, dimana sang anak akan meniru semua yang dilakukan orangtuanya. Dan kelak anak-anak saya adalah generasi penerus dan yang akan melanjutkan tongkat estafet perjuangan. Untuk mencetak generasi yang baik, tentulah dibutuhkan ilmu yang baik pula sehingga terbentuklah generasi penerus yang mempunyai karakter yang baik. Pemahaman tentang agama juga sangat penting karena, dengan anak memahami tentang agamanya, tentang Tuhannya, dia tidak akan mudah terombang ambing oleh pengaruh luar yang akan merugikan dirinya, seperti yang banyak terjadi pada remaja-remaja saat ini. Saat melihat berita-berita mengenai kenakalan remaja yang banyak terjadi saat ini, saya sangat sedih sekali. Beginikah generasi penerus masa depan? Miris sekali.  Melihat yang terjadi saat ini, saya pun berfikir dan memutuskan untuk benar-benar menadalami ilmu mengenai Pendidikan dan Pengasuhan anak yang dasar-dasarnya berlandaskan pada Al qur’an dan Hadits.

3.       Bagaimana strategi menuntut ilmu yang akan anda rencanakan di bidang tersebut?
Mengingat Ilmu parenting adalah ilmu yang tidak diajarkan disekolah dan di universitas manapun, maka saya pun harus menyusun strategi yang baik untuk bisa mendapatkan ilmu parenting ini.
  • Membuat list buku-buku yang berkaitan tentang parenting
  • Membaca buku mengenai parenting, 1 bulan minimal 1 buku
  • Masuk kedalam komunitas Parenting (IIP, HeBAT, Islamic Parenting)
  • Membuat review seminggu 1 kali mengenai ilmu parenting dan ditulis di blog (dengan menulis kembali, ilmu yang kita dapat akan lebih kita pahami dan lebih mudah untuk diingat)
  • Mengikuti seminar mengenai Parenting
  • Sharing pegalaman dengan para ibu yang sudah memulai menerapkan Ilmu parenting dalam keluarganya.
  • Sharing dan diskusi bersama suami mengenai ilmu yang telah saya dapatkan.
4.       Berkaitan dengan adab menuntut ilmu,perubahan sikap apa saja yang anda perbaiki dalam proses mencari ilmu tersebut?
  • Saya akan berusaha untuk menuntaskan sebuah ilmu yang sedang dipelajarinya dengan cara mengulang-ulang, membuat catatan penting, menuliskannya kembali dan bersabar sampai semua runtutan ilmu tersebut selesai disampaikan sesuai tahapan yang disepakati bersama.
  • Mempraktekan ilmu yang sudah didapatkan.
  • Selalu menjadi gelas kosong ketika akan mendapatkan ilmu baru.
Alhamdulillah nice home work yang pertama selesai dikerjakan. Semoga saya dapat melaksanakan strategi yang sudah saya buat untuk mendapatkan ilmu parenting ini. Aamiin

You Might Also Like

0 komentar