Keuangan Bulanan dengan Google Sheet (6)

Wednesday, December 28, 2016


6 Mengakhiri Aplikasi pada Akhir Bulan

Pada akhir bulan, kita perlu menyesuaikan saldo kas yang terdapat pada catatan dengan saldo kas yang sebenarnya, karena kemungkinan besar saldo kas itu akan berbeda karena satu dan lain hal.

6.1 Menyesuaikan Saldo Kas di Bank

Untuk menyesuaikan saldo kas di Bank dengan catatan, yang perlu dilakukan adalah mengecek rekening Bank tersebut kemudian isi penambahan atau pengurangannya pada kotak ini:
(Sheet "Depan", E38 dan E39)

6.1.1 Menginput Penambahan Kas di Bank

Penabahan Kas di Bank ini biasanya bersumber dari bunga. Anda harus bisa membedakan hal ini dengan penambahan kas di Bank yang bersumber dari penerimaan, transfer dari orang lain, atau uang anda sendiri yang anda tabungkan.
Untuk meginput penambahan kas di Bank, isi "Penambahan (Bank)" pada tabel "Tabungan" pada sheet "Depan".

6.1.2 Menginput Pengurangan Kas di Bank

Pengurangan Kas di Bank ini biasanya bersumber dari potongan pajak dan biaya administrasi Bank. Anda harus bisa membedakan hal ini dengan pengurangan kas di Bank yang bersumber dari pengeluaran (belanja), transfer pada orang lain, atau pengambilan.
Untuk meginput pengurangan kas di Bank, isi "Pengurangan (Bank)" pada tabel "Tabungan" pada sheet "Depan".

6.2 Menyesuaikan Saldo Kas yang Dipegang

Untuk menyesuaikan saldo kas yang dipegang, yang perlu dilakukan pertama-tama adalah menghitung uang sebenarnya yang dipegang secara fisik. Setelah dihitung, input hasil penghitungannya pada tabel "Kas Sebenarnya". Setelah itu aplikasi dapat menyediakan informasi mengenai perbedaan uang kas sebenarnya dengan uang kas yang tercatat.

6.2.1 Mencatat Kas yang Dipegang Suami

Timpa tulisan "Belum Dihitung" dengan hasil hitungan fisik uang kas Suami.

6.2.2 Mencatat Kas yang Dipegang Istri

Timpa tulisan "Belum Dihitung" dengan hasil hitungan fisik uang kas Istri.

6.2.3 Melihat Perbedaan Kas yang Dipegang

Perbedaan bisa dilihat pada baris "Kelebihan Kas" jika kas sebenarnya yang telah dihitung lebih besar dari pada kas yang tercatat, dan pada baris "Kekurangan Kas" jika kas sebenarnya yang telah dihitung lebih kecil dari pada kas yang tercatat.

Kelebihan kas biasanya terjadi karena penyisihan yang belum dikeluarkan dari kas kita, atau karena penerimaan yang belum tercatat, sedangkan
kekurangan kas biasanya terjadi karena adanya pengeluaran kas yang belum tercatat atau tidak dicatat.

You Might Also Like

0 komentar