Keuangan Bulanan dengan Google Sheet (2)

Wednesday, December 28, 2016


[Sebelumnya: 1 Memulai Aplikasi atau Memulai Bulan Baru] [Daftar Isi] [Selanjutnya: 3 Menginput Penerimaan Kas]

2 Menginput Pengeluaran Kas

Setelah persiapan awal periode selesai, penginputan pengeluaran kas sudah bisa dilakukan. Menginput pengeluaran kas dilakukan pada bulan berjalan, dan langsung mempengarugi saldo akhir pada bulan tersebut. 

Penginputan pengeluaran kas dilakukan pada sheet Pengeluaran Kas.

2.1 Mengisi Pengeluaran Kas untuk Akun Anggaran Tertentu

2.1.1 Menginput jumlah pengeluaran

Isilah tabel di pengeluaran kas sesuai dengan akun, tanggal, dan siapa yang mengeluarkan kasnya. 
Gambar berikut adalah contoh yang menunjukkan dimana kita harus input pengeluaran listrik yang dilakukan di tanggal 1 oleh istri.
Isilah kotak yang ditunjuk itu dengan angka.

2.1.2 Memberikan Catatan

Kadang kita perlu memberikan rincian pada jumlah pengeluaran harian yang kita input, misalnya untuk pengeluaran makan, jumlah pengeluaran oleh istri terdiri dari makanan A, makanan B, dan makanan C. Jika kita ingin penginput rincian pengeluaran tersebut, kita dapat menginputnya dengan memberikan catatan.

Untuk memberi catatan, klik kanan pada cell-nya lalu pilih Sisipkan Catatan.

Berikut ini hasil dari contoh di atas.
*Catatan dapat diisi secara bebas.

2.2 Mengisi Pengeluaran Kas untuk Akun Diluar Anggaran

Yang dimaksud akun diluar anggaran di sini adalah akun-akun yang merupakan pengeluaran kas tetapi bukan merupakan anggaran (tidak dianggarkan sebagaimana yang sudah kita bahas sebelumnya).
Akun-akun ini terlihat di row 6 sampai 10
Pada gambar di atas terlihat akun Penyisihan dan Pindah Kas Suami/Istri yang warna latarnya lebih tebal. Kedua akun tersebut memiliki formula dan akan terisi otomatis, sedangkan akun lainnya adalah untuk diisi manual.

Kegiatan pengeluaran kas yang tidak termasuk dalam akun anggaran terdiri dari:
  • Membayar Utang, 
  • Memberi Pinjaman (Piutang),
  • Menabung tanpa dianggarkan, dan
  • Memberikan Kas pada Suami / Istri

2.2.1 Membayar Utang

Membayar utang berarti mengeluarkan kas untuk mengembalikan uang yang sudah kita pinjam sebelumnya dari orang lain.

Lakukan penginputan jumlah pembayaran utang sesuai dengan tanggalnya, isi dengan angka.
Jangan lupa memberi catatan. ( pada cellnya, Klik Kanan, lalu Sisipkan Catatan)

2.2.2 Memberi Pinjaman (Piutang)

Memberi pinjaman (piutang) berarti mengeluarkan kas untuk dipinjamkan kepada orang lain untuk dikembalikan di kemudian hari.
Lakukan penginputan jumlah pemberian pinjaman pada akun Memberi Pinjaman (Piutang) sesuai dengan tanggalnya, isi dengan angka, dan jangan lupa memberi catatan. Cara pengimputannya hampir sama dengan pengimputan yang telah dijelaskan sebelumnya.

2.2.3 Menabung tanpa dianggarkan

Menabung tanpa dianggarkan berarti mengeluarkan kas untuk ditabungkan ke bank, namun yang ditabungkan ke bank ini tidak ada dalam anggaran (tabungan wajib). Pada aplikasi ini, pengeluaran ini disebut Tabungan Ekstra.

Contohnya, jika kita memiliki anggaran tabungan wajib 1 juta, lalu kita menabung 2 juta, maka kita menginput 1 juta sebagai pengeluaran kas untuk tabungan wajib, dan 1 juta lagi untuk tabungan ekstra.

Lakukan penginputan jumlah Tabungan Ekstra sesuai dengan tanggalnya, isi dengan angka, dan jangan lupa memberi catatan. Cara pengimputannya hampir sama dengan pengimputan yang telah dijelaskan sebelumnya.

2.2.4 Memberikan Kas pada Suami / Istri

Jika kita memberikan Kas pada Suami/Istri, memang salah satunya mengeluarkan kas, namun satunya lagi akan menerima kas tersebut. Pada aplikasi ini, pengeluaran ini disebut Pindah Kas Suami/Istri.

Kita tidak perlu menginput pengeluaran ini karena akan terisi otomatis saat kita menginput di sheet Penerimaan Kas pada akun Pemberian dari suami/istri. 

Misalnya, jika suami memberikan uang 1 juta pada istri, maka yang perlu diinput adalah penerimaan istri sebesar 1 juta, sementara pengeluaran suami sebesar 1 juta akan otomatis menyesuaikan. Penginputan ini dijelaskan pada bagian 3.2.1.

[Sebelumnya: 1 Memulai Aplikasi atau Memulai Bulan Baru] [Daftar Isi] [Selanjutnya: 3 Menginput Penerimaan Kas]

You Might Also Like

0 komentar