Tersenyumlah Pada Dunia

Tuesday, September 27, 2016

Bismillah..

Senyum itu adalah salah satu amalan yang paling mudah dan murah. Senyum adalah sedekah.

Salah seorang sahabat Rasulullaah saw. yang tidak memiliki apa-apa untuk disedekahkan bertanya kepada Beliau, "Jika kami ingin bersedekah, namun kami tidak memiliki apapun, lalu apa yang bisa kami sedekahkan dan bagaimana kami menyedekahkannya?". Kemudian Rasulullah saw. menjawab, "Senyum kalian bagi saudaranya adalah sedekah, beramar makruf dan nahi munkar yang kalian lakukan adalah sedekah, dan kalian menunjukkan jalan bagi seseorang yang tersesat juga sedekah". (HR. Tirmidzi dan Abu Dzar)

Info dari berbagai sumber yang kami baca, tersenyum juga mempunyai manfaat bagi kesehatan dan psikologis diri kita. Senyum berkaitan dengan produksi endorfin dalam otak yang mempengaruhi rasa sakit fisik dan emosional yang membuat orang merasa lebih nyaman dengan diri sendiri. Selain itu, senyum hanya menggerakkan 16 otot sedangkan cemberut 43 otot. Itulah salah satu sebab kenapa tersenyum bisa membuat kita menjadi awet muda.

Dengan kita tersenyum pada saudara kita juga akan membuat dia merasa nyaman bersama kita dan mempengaruhi psikis kita dan orang yang kita ajak senyum. Sesungguhnya tersenyum itu adalah hal yang sangat mudah, namun dalam beberapa kondisi bisa jadi kita susah untuk tersenyum. Itu sangatlah wajar.

Senyuman juga memberikan efek percaya diri dan semangat pada diri. Oleh karena itu, mari kita awali hari kita dengan tersenyum! :-)

You Might Also Like

0 komentar